September 2016 ~ Tukang Utak Atik

This is default featured slide 1 title

Go to Blogger edit html and find these sentences.Now replace these sentences with your own descriptions.

This is default featured slide 2 title

Go to Blogger edit html and find these sentences.Now replace these sentences with your own descriptions.

This is default featured slide 3 title

Go to Blogger edit html and find these sentences.Now replace these sentences with your own descriptions.

This is default featured slide 4 title

Go to Blogger edit html and find these sentences.Now replace these sentences with your own descriptions.

This is default featured slide 5 title

Go to Blogger edit html and find these sentences.Now replace these sentences with your own descriptions.

Cara Memperbaiki Kartu Micro SD Yang Rusak Pada Android

Kartu SD atau sekarang ada yang  lebih kecil yaitu micro SD yang banyak digunakan pada smartphone terbaru. Baik yang kelas bawah maupun kelas atas. Micro SD ini banyak sekali jenisnya, ada yang class 4, class 8 dan class 10. Yang membedakan dari ketiganya adalah dari segi kecepatan transfer datanya dan tentnya adalah harga, yang mana kecepatan dari class 10 adalah yang paling cepat.

Setalah kita membahas jenis-jenis micro SD sekarang akan saya jelaskan sedikit mengenai fungsinya. mungkin dari teman-teman sudah tahu kalau fungsi dari micro SD ini adalah untuk menyimpan data, namun kenapa harus disimpan di micro SD? bukankah di smartphone sudah ada memori untuk menyimpan data. Memang di dalam smartphone sudah disediakan memori untuk menyimpan data namun kapasitasnya terbatas, dengan kita menambah micro SD maka ruang penyimpanan kita akan menjadi bertambah, otomatis jumlah data yang dapat kita simpan juga semakin banyak. 

Namun apa jadinya bila micro SD kita rusak, sedangkan di dalamnya terdapat data yang sangat penting atau memen yang sangat berharga. Tidak mungkin juga kalau kita harus mengulang momen tersebut lalu mengambil foto atau video kembali. Apa yang harus kita lakukan ketika micro SD rusak? Sebelum membahasnya mari kita bahas dulu macam-macam kerusakan yang sering terjadi pada micro SD.

Kerusakan yang paling sering terjadi pada micro SD adalah minta di format dan data yang ada di dalamnya tidak terlihat. Cara mengatasinya adalah dengan langsung format nanti micro SD akan kembali dengan normal. Tapi dengan konsekensi data yang ada di micro SD akan hilang semua. Namun bila kita ingin mengambil data tersebut kita harus melakukan recovery data dulu dengan aplikasi yang tersebar banyak di internet.

Kerusakan berikutnya yang terjadi pada micro SD adalah tidak dapat diberi data baru lagi, Jadi ketika kita mengcopy data ke micro SD yang rusak ini nanti akan mucul error can't copy. Kalau micro SD anda sudah mengalami gejala seperti ini silahkan cepat-cepat anda copy data yang ada di micro SD ke tempat lain. Kalau dibiarkan terlalu lama biasanya kerusakan akan semakin parah.

kuningan micro sd kotor
Kerusakan terakhir adalah micro SD tidak terdeteksi, kerusakan ini terbilang cukup parah karena sudah tidak terdeteksi oleh perangkat baik ponsel maupun PC. Jadi kita harus mengikhlaskan semua data-data yang kita miliki di dalamnya hilang untuk selama-lamanya. Sebelum memvonis rusak lakukanlah pembersihan dibagian kuningan micro SD menggunakan menghapus pensil, kalau memang kotor kemungkinan micro SD akan kembali normal. Tapi persentase keberhasilanya kurang dari 30%.

Sekian dulu artikel saya yang membahas cara memperbaiki micro SD yang rusak. Semoga bermanfaat, bila ada pertanyaan seputar ponsel android silahkan tanyakan di kolom komentar. Sampai jumpa dengan artikel saya berikutnya.


Cara Memperbaiki Baterai HP Yang Cepat Habis Pada Xiaomi Redmi 2

Baterai merupakan komponen yang sangat vital pada ponsel. Jika daya sari baterai ini habis maka ponsel tidak akan bisa nyala. Sekarang ini banyak orang yang membeli ponsel hal pertama yang dicek adalah kapasitas baterai. Semakin besar kapasitas baterai maka semakin lama pula daya tahan baterai untuk menghidupkan ponsel. 

baterai redmi 2 cepat habis
Pada kesempatan kali ini saya akan membahas tentang baterai HP Xiaomi Redmi 2 yang cepat habis. ponsel ini memang banyak digandrungi orang termasuk saya sendiri, meskipun sekarang sudah ada ponsel yang lebih bagus dan harganya lebih murah namun pemilik Redmi 2 ini saya lihat masih cukup banyak. Mungkin karena ponsel ini yang mempunyai garansi TAM dengan harga yang sedikit terjangkau. 

Setelah hampir 2 tahun saya memakai ponsel ini, saya mengalami sedikit masalah yaitu dengan kekuatan baterai yang semakin menurun. Biasanya kapasitas baterai 20% saya tinggal tidur ponsel akan tetap nyala sampai pagi. Tapi sekarang ketika saya bangun pagi dengan kapasitas baterai sekitar 20% ponsel selalu mati. Apakah yang terjadi, banyak kecurigaan yang saya pikirkan. Mulai dari baterai rusak, banyak aplikasi yang berjalan memakan daya baterai atau karena salah update rom.

Langkah awal yang saya lakukan adalah dengan mengecek aplikasi yang terinstal, dan menghapus aplikasi yang saya rasa tidak berguna atau jarang saya pakai. Setelah melakukan penghapusan aplikasi ternyata masih tidak ada perubahan, baterai masih cepat habis. 

Kemudian saya ambil langkah berikutnya yaitu dengan mengganti rom yang lebih rendah, karena kemarin sempat saya update ke MIUI 8 dan hasilnya cukup memuaskan, tapi kendalanya baterai cepat habis. Dengan niat untuk mengembalikan daya baterai seperti semula maka Redmi 2 nya saya flash dengan rom yang lebih rendah yaitu MIUI 7. Setelah proses instal rom selesai saya merasakan banyak perubahan. Ponsel seperti pertama kali beli, karena ketika saya flash saya juga melakukan penghapusan semua aplikasi yang terinstal di ponsel.

Setelah melakukan flash ke MIUI 7 baterai saya yang tadinya cepat habis sekarang jadi awet lagi. Dari cerita ini dapat disimpulkan bahwa MIUI 8 cukup berat dan banyak memakan daya baterai, Meskipun ada teman-teman yang memakai MIUI 8 masih merasa ringan tapi sebagian besar mengeluh kekuatan baterai yang menurun,

Sekian dulu postingan saya kali ini, semoga bermanfaat dan sampai jumpa dengan postingan saya berikutnya. Bila ada masalah seputar ponsel android silahkan anda tanyakan pada kolom komentar. 

LCD Samsung Galaxy S7 Edge Rusak Setelah Dipakai Dalam Air

Selamat malam, selamat berjumpa kembali dengan blog saya. Pada kesempatan kali ini saya akan membuat artikel yang akan membahas tentang layar LCD Samsung Galaxy S7 Edge setelah berenang di air. Smartphone Flagship andalan Samsung ini ternyata masih memiliki beberapa kelemahan/cacat produksi. Ini terbukti dari salah satu teman saya mengalami hal tersebut. Belum sampai satu tahun beli layar LCDnya tiba-tiba buram tidak jelas. 

Tujuan tulisan saya ini bukan untuk menjatuhkan brand samsung, atau menjelekan produk tersebut, dan saya tidak dibayar oleh pihak manapun untuk membuat artikel ini. Saya menulis artikel ini hanya untuk berbagi pengalaman apa yang sudah dialami oleh salah seorang teman saya.

Jadi ceritanya begini, pada suatu hari teman saya ini mandi di tempat pemandian yang cukup terkenal di Klaten yaitu Umbul Ponggok. Nah disitu lagi ngehit foto didalam air sambil berpose dengan ikan-ikan yang ada di dalamnya. Teman saya ini tertarik untuk menggunakan S7 Edgenya untuk berfoto di dalam air, karena memang dari pabrik sudah dilengkapi fitur anti air. 

LCD Samsung Galaxy S7 Rusak

Pada saat digunakan untuk berfoto ponsel ini memang tidak ada masalah, namun setelah selang satu hari lcd ponsel ini menjadi buram seperti tv rusak. Teman saya langsung panik ponsel harga mahalnya mengalami masalah yang cukup serius. Padahal belum lama dibeli lcd sudah bemasalah. Kemudian saya browsing apakah ada sebagian pengguna yang mengalami hal tersebut. Ternyata memang ada yang menalami kejadian seperti ini. Setelah digunakan untuk berfoto di dalam air selang beberapa hari lcdnya menjadi rusak. Dari artikel itu juga katanya setelah kejadian tersebut kemudain melakukan klaim garansi ke servis center dan ternyata diterima. Kumudian dilakukan penggantian lcd tanpa dipungut biaya sepeserpun.

Dari pengalaman tersebut kemudian saya sarankan kepada teman saya untuk melakukan klaim garansi ke servis center. Karena bila kita melakukan pergantian spare part sendiri maka biaya yang akan kita keluarkan akan sangat mahal, mungkin bisa mencapai 2 atau 3 juta.

Sebagai pengalaman untuk kita, kejadian tersebut bisa kita ambil pelajaran bahwa ponsel yang memiliki fitur anti air bukan jaminan ponsel akan aman ketika digunakan untuk berenang. Karena ada batas kemampuan masing-masing, mulai dari berapa lama mampu di air dan berapa kedalaman yang dapat dilalui. Asal kita tidak melanggar peraturan tersebut pasti ponsel akan tetap aman.

Sekian dulu artikel yang membahas pengalaman teman saya bersama Samsung Galaxy S7 Edgenya. Semoga bermanfaat dan sampai jumpa dengan artikel saya yang lain.

Samsung Galaxy Core 2 Tidak Bisa Baca MMC/Micro SD

Sudah lama sekali blog saya ini tidak saya update artikelnya, karena kesibukan saya pada dunia nyata. Pada kesmpatan kali ini saya akan share salah satu pengalaman dari teman saya yang mengalami masalah pada ponsel Samsung Galaxy core 2 yang dia miliki, dimana ponselnya itu tidak bisa baca mmc/micro sd. 


Sebelum saya bahas tentang kerusakan tersebut akan saya ulas sedikit tentang mmc atau micro sd. Benda kecil ini merupakan komponen ponsel yang wajib dimiliki setiap pengguna smartphone. Karena dengan adanya benda kecil ini kita bisa menyompan data, foto, lagu maupun video di dalamnya. Mengingat kapasitas memori yang ada pada Galaxy core 2 ini cukup terbatas yaitu hanya 4gb itupun juga sudah terpotong dengan sistem, sehingga kapasitas yang dapat kita pakai hanya sekitar 1,6Gb. Dengan perkembangan teknologi foto-memfoto belakangan ini kapasitas sebesar itu tidak akan mencukupi kebutuhan tersebut. Sehingga diperlukan tambahan memori untuk mengatasi hal tersebut, maka dipasanglah mmc atau micro sd.

Kembali ke pokok bahasan saya yaitu Samsung  Galaxy Core 2 yang tidak bisa baca/mendeteksi micro sd. Ponsel teman ini pada awalnya normal tidak ada kendala sama sekali, namun setelah hampir satu tahun pemakaian tiba-tiba micro sd tidak bisa terdeteksi. Hal tersebut membuat teman saya heran apakah gerangan yang menyababkan memori micro sd tidak terdeteksi.


Setelah mengalami kejadian tersebut akhirnya ponsel tersebut diberikan kepada saya untuk dichek, kemudian saya bongkar dan saya lepas micro sd nya saya pasang pada posel saya. Ternyata masih bisa terbaca dan berfungsi dengan baik. kemudian saya cek konektor tempat memasang micro sd yang ada pada hp ternyata ada soket yang bengkok. Mungkin karena pemasangan atau mencopot micro sd tidak berhati-hati sehingga membuat soket tersbut bengkok. Kemudian dengan menggunakan jarum saya berusah untuk meluruskan soket yang bengkok tadi, namun hasilnya masih nihil. Soket tetap tidak bisa lurus seperti semula.

Dengan demikian solusi terakhir adalh dengan menggati konektor micro sd yang ada pada hp, bisa di cari di toko online atau jika punya kanibalan ponsel galaxy core 2 yang mati bisa diambil konektornya untuk mengganti.

Selain kerusakan pada konektor, micro sd tidak terdeteksi bisa disebabkan karena kerusakan yang terjadi memori tersbut. sehingga sebelum memastikanya harus kita coba dipasang pada hp lain. Jika minta format guakan PC untuk memformatnya, jangan lupa untuk memilih sistem FAT32 karena jika NTFS akan tidak terbaca pada posnel android kita.

Sekian dulu postingan saya kali ini yang membahas Samsung Galaxy Core 2 tidak bisa baca mmc. Semoga bermanfaat dan sampai jumpa dengan postingan saya berikutnya. Bila ada pertanyaan seputar masalah ponsel android bisa anda tulis pada kolom komentar dibawah ini.

Alamat Servis Center Dan Dealer Resmi Lenovo Jogja

Sebelum saya kasih tahu alamat dealer lenovo akan saya bahas dulu perbedaan antara dealer dan servis senter. Dealer merupakan agen atau toko yang menjual barang-barang produk Lenovo sedangkan servis center merupakan kantor yang melayani purna jual atau melayani garansi dari produk Lenovo.

servis center lenovo jogja
Di Jogja sendiri ada banyak sekali dealer yang menjual produk lenovo, mulai dari laptop, komputer smartphone dan tablet. Toko-toko atau dealer yang sudah terpercaya yang ada di Jogja antara lain adalah sebagai berikut:
  1. Els Komputer yang berada di Jl. C. Simanjuntak.
  2. Aizza Komputer yang berada di Jl. Monjali.
  3. ASC Komputer yang berada di Jl. Kaliurang.
  4. Pitstop Komputer yang berada di Jl. Cendrawasih Demangan.
  5. Anandam yang berada di Jl. Gejayan.
  6. Kana Komputer yang berada di Jl. Gejayan.
  7. Sg Komputer yang berada di Jl. Deresan Gejayan.
Selain toko-toko di atas masih ada toko lain yang menjual barang Lenovo resmi, namun hanya itu yang pernah saya kunjungi. Karena toko yang saya tulis di atas  merupakan toko besar. Kemudian Untuk Servis Center Lenovo di Jogja ada 2 yaitu khusus untuk tablet, PC dan laptop. Sedangkan servis center yang satunya khusus untuk smartphone. Berikut adalah alamat dari servis center tersebut:
  1. Ruko Yap Square, Jl. Simanjuntak no B8. Telp: +62 274 3159220
  2. IT Service Center, Jl. Gajah Mada No.58, Purwokinanti, Pakualaman, Kota Yogyakarta. Telp: +62 274523231
 Demikianlah alamat servis center dan dealer resmi Lenovo yang ada di jogja, semoga bermanfaat dan sampai jumpa dengan postingan saya berikutnya.