26 March 2015

Cara Mengganti Batre Tablet Advan vandroid T1E

Pada Kesempatan kali ini saya akan share cara untuk mengganti Baterai tab advan yang rusak. Sekarang ini hampir semua tab menggunkan baterai tanam atau non removable, namun jangan khawatir meskipun begitu masih ada juga kok yang menyediakan suku cadang baterai seperti ini. Jadi, yang kita butuhkan hanya kemauan dan sedikit pintar untuk memasang saja.

Baterai merupakan komponen penting dalam gadget, jadi patokan sendiri ketika seseorang membeli hp baru pasti salah satu yang diperhatikan adalah baterai. Ya komponen ini memang mempunyai masa usia yang cukup pendek apalagi ketika sering dipakai sambil dicas. Ketika sedang dicas kemudian kita menggunakanya otomatis panas yang ditimbulkan akan lebih tinggi sehingga akan terjadi reaksi pada baterai yang mengakibatkan baterai menjadi bergelembung. Jadi kita harus pintar-pintar merawat baterai ya teman-teman.




Kembali ke topik pembahasan tentang menggati baterai tanam pada tablet. Sebelum melakukan langkah-langkah berikut pastikan anda sudah mempersiapkan alat-alat yang digunakan untuk mengganti baterai yaitu: obeng, bateray baru dan pencongkel. Setelah semua siap bisa anda lakukan penggantian bateray berikut adalah langkah-langkahnya:
  1. Lepaskan baut yang menempel pada tablet.
  2. Lepas Sim card dan memori.
  3. Kemudian congkel bagian pinggir tablet dengan kuku atau plastik yang agak keras.
  4. Setelah itu akan terlihat dalaman tablet seperti ini.

  5. Kemudian lepas kabel dari bateray yang menempel pada mainboard dengan solder.
  6. Sekarang tinggal kita solder bateray yang baru..
  7. Selesai tinggal kita tutup lagi.

Sebelum menutup pastikan dulu apakah tablet bisa nyala dengan normal, jangan sampai ketika sudah ditutup tablet anda malah jadi gak mau nyala. Tablet kita hidupkan dengan keadaan terbuka seperti ini tidak apa-apa asal kita tetap hati-hati agar tidak ada yang kongslet.

Sekian Postingan kali ini yang membahas bagaimana cara untunk mengganti baterai tanam, semoga bermanfaat, Bila ada pertanyaan silahkan masukan pada kolom komentar, siapa tau saya bisa membantu. Sampai jumpa dengan postingan artikel saya yang lain.

42 comments:

  1. kira2 untuk harga baterai advan vandroid T brapa gan?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tergantung toko gan, dulu pernah tanya hargane 125rb yg 1900mah

      Delete
  2. Gang klo diganti dengan kapasitas bateri yg lebih besar tidak apa-apa yah gang..?

    ReplyDelete
    Replies
    1. asal teganganya tidak terlalu tinggi gak apa2 gan

      Delete
  3. Klo buat hp tab yg lain bisa ga gan

    ReplyDelete
  4. Klo buat hp tab yg lain bisa ga gan

    ReplyDelete
    Replies
    1. asal besar batrenya tidak melebihi dudukan atau tempat pada tablet tentu bisa

      Delete
  5. saya pernah beli disini untuk tablet advan t1e saya:
    https://www.tokopedia.com/snapshot.pl?dtl_id=34612963&order_id=22102155
    kualitasnya baik.. tahan lama 400maH

    ReplyDelete
    Replies
    1. trimakasih victor infone, mungkin 4000mah yang bener, hp ku yang kecil aja udah 2200mah

      Delete
  6. Terimakasih infonya , sangat bermanfaat

    Mau cari alat antrian dan alat survey pelanggan yang lengkap ? ayo kunjungi -> http://katalogalatantrian.blogspot.co.id/
    atau juga bisa hub kami 082150065758 , pin 2a9be37c

    ReplyDelete
  7. Gan klo tab advan ya hidup terus/korslet gitu cmana cara perbaikan nya soalnya tab saya ini saya lupa pola, terus gue coba berapa kali buka polanya tapi tiba2 HP nyala terus di matiin pun gak bisa juga kembali normal itu apanya yang rusak ya gan?
    Kasih tau dong nanti hak bisa paket lagi jadinya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Klo lupa pola mah, ente flashing aja kelar

      Delete
  8. Gan klo tab advan ya hidup terus/korslet gitu cmana cara perbaikan nya soalnya tab saya ini saya lupa pola, terus gue coba berapa kali buka polanya tapi tiba2 HP nyala terus di matiin pun gak bisa juga kembali normal itu apanya yang rusak ya gan?
    Kasih tau dong nanti hak bisa paket lagi jadinya

    ReplyDelete
    Replies
    1. maaf terlalu panjang saya masih belum paham, sekarang kondisi tabnya mati atau nyala.

      Delete
  9. gN GMna BUKA CASINGADVAN T1E

    ReplyDelete
    Replies
    1. dicopot dulu bautnya gan, lalu di congkel pelan2 bagian pinggirnya

      Delete
  10. gan advan t1g plus gimana bongkarnya

    ReplyDelete
    Replies
    1. sama gan, dilepas dulu bautnya kemudian dicongkel bagian pinggirnya.

      Delete
  11. Gan kalo T2G gimana cabutnya gan.. Kagak ada tempat baut..

    ReplyDelete
  12. mau tanya advan t1x plus batrey saya drop itu batrey tanam harus sesuai atau bisa beda yg penting batrey tanam n sesuai dudukan batreynya???

    ReplyDelete
    Replies
    1. beda gak apa2 gan asal dudukan batrenya pas

      Delete
  13. mas bro. numpang tanya. kemaren saya beli baterai advan T1L. tp ketika mau d gnti, ada keganjalan pada baterai baru. baterai baru ada 3 kabel. sedangkan baterai lama cuma 2 kabel. gmn ya? mohon pencerahannya

    ReplyDelete
    Replies
    1. lho kok bisa beda, kemarin pas beli apa tidak di cek dulu? kalau boleh tahu warna apa aja yang 3 itu?

      Delete
  14. Advan memang sering eror, biasanya pada colokan chargenya. Kini batreku juga jadi kaya es krim kepanasan

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya gan, tapi kadang ada beberapa teman yang tab advannya tidak ada masalah meskipun sudah jatuh dan di cas berkali2

      Delete
  15. gan mau tanya nih
    tab saya itu tipenya advan t1r
    kalau udah full dicharge, kan saya idupin tuh ternyata pas di idupin itu 0% lalu tiba tiba ngedrop

    terus saya kira apa chargernya yg rusak. terus saya nyoba ngecharge di hp lain ternyata hasilnya baik.
    apakah itu yg bermasalah baterai tab advannya ya gan?

    ReplyDelete
  16. gan mau tanya nih
    tab saya itu tipenya advan t1r
    kalau udah full dicharge, kan saya idupin tuh ternyata pas di idupin itu 0% lalu tiba tiba ngedrop

    terus saya kira apa chargernya yg rusak. terus saya nyoba ngecharge di hp lain ternyata hasilnya baik.
    apakah itu yg bermasalah baterai tab advannya ya gan?

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalau dicas lagi ngisi atau nggak rul? biasanya kalau tiba-tiba menjadi 0% itu yang bermasala dari baterainya.

      atau coba dicas dengan charger lain dulu rul

      Delete
    2. iya saya make charger lain hasilnya sama. tetep 0% mas
      baterai tanam milik advan t1r itu berapa kabel mas? 2 atau 3? terus harganya berapa?

      Delete
    3. pas dimatiin memang ngisi mas.
      tapi kalau pas diidupin 0% dan mati

      Delete
    4. oh iya gan
      kapasitas baterai tab advan saya kan 2500 mAh, apakah boleh saya ganti dengan baterai yang double power yang 5000 mAh

      Delete
    5. kalau jumlah kabelnya saya tidak tau, karena harus bongkar tabnya dulu. untuk mengganti baterai dengan power yang lebih besar bisa-bisa saja, asal ketika tablet ditutuplagi tidak terhalangi oleh baterai.

      Delete
    6. gan ini ternyata tab saya meski udah di ganti baterainya tetep gak bisa nyala.
      gimana nih gan solusinya?

      Delete
    7. waduh, tapi kalau dalam keadaan mati bisa ngisi atau ndak?

      Delete
  17. Gan kalo baterai advan e1c dipasang ke t1r bisa gak... secara kabel e1c ada 3warna. Kalo t1r ada 2 warna... pas saya pasang nyala... tapi gak mau masuk ke menu... dicaspun juga bisa... kalo misal tab nya yang bootloop tapikan udah ane wipe data...

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalau secara umum sih bisa gan, baterai yang asli itu rusak kenapa gan. coba dipasang lagi kalau tidak bootloop berati baterainya harus 3 kabel

      Delete
  18. Gan mw tny nie klo advon x7 pny ku suka lemot banget gr gr pa yh ...semua apk kadan gk respon dan tutup paksa sistem juga gk menanggapi ...itu mslh ny pa yh

    ReplyDelete
    Replies
    1. kemungkinan banyak aplikasi yang berjalan pada background. sulusinya adalah lakukuan penghapusan aplikasi jika masih sama saja coba lakukan reset ke setingan pabrik dulu

      Delete
  19. Replies
    1. terimkasih jen, sudah mengunjungi arikel cara memperbaiki baterai tablet advan

      Delete
  20. Gan. Kalau ada yang jual mesin tablet advan contak yah.. mad 085875378286

    ReplyDelete