Memperbaiki Layar LCD Android Cina yang Goyang,Bergaris dan Buram ~ Tukang Utak Atik

Memperbaiki Layar LCD Android Cina yang Goyang,Bergaris dan Buram

Halo teman-teman pengunjung blog semua, semoga kalian dalam keadaan sehat dan ceria selau. Pada postingan kali ini saya akan sedikit sharing tentang layar lcd hp cina yang sering bermasalah. Salah satu masalah yang sering dialami adalah layar lcd menjadi buram dan bergaris-garis.

Android Sekarang ini memang sudah merakyat, dari kalangan bawah sampai atas semua menggunakan Android baik tablet maupun smartphone. Tapi mesti diingat, karena kita harus merawat dengan hati-hati gadget yang satu ini. Agar terhindar dari kerusakan seperti jatuh atau terkena benturan benda keras yang lain. Salah satu masalah yang sering dialmai android terutama android cina adalah layar goyang. berikut adalah penampakan dair layar lcd hp yang goyang.



Jika anda mengalami masalah tersebut coba lakukan langkah-langkah berikut sebelum anda ke tempat servis:
  1. Buka cover belakang.
  2. Lepaskan kabel Flexible LCD.
  3. Bersihkan kebel fleksibel dengan tisu yg dibasahi Contact Cleaner/ alkohol.
  4. Tunggu sampai kering, lalu pasang lagi( insyallah layar lcd normal kembali).
  5. Bagi yang belum berhasil dengan cara diatas, silakan semprot konektor perempuan flexible LCD dengan alkohol/Contact Cleaner.
  6. Sikat dengan sikat gigi(pelan-palan saja).
  7. tunggu sampai kering dan coba pasang kembali kebel feksibelnya.
Semoga dengan cara tersebut bisa berhasil dan tidak harus menguras biaya yang banyak. Cara ini memang untung-untungan tidak menjamin 100% pasti bisa namun sebagai manusia tidak ada salahnya untuk mencoba. Kalau berhasil maka kita akan mendapatkan kepuasan tersendiri  selain kita dapat menghemat pengeluaran dibandingkan harus membayar jasa tukang servis.  

Jika belum berhasil dengan tersebut kemungkinan harus ganti lcd, karena kabel flexi dan lcd tergabung menjadi satu. Bahkan ada beberapa merk ponsel sekarang yang mengharuskan ganti lcd satu paket dengan layar sentuh. Bisa anda bayangkan berapa biaya yang harus kita keluarkan kuntuk memperbaiki lcd yang buram seperti ini. Maka dari itu kita harus senantiasa berhati-hati dalam merawat ponsel supaya tidak mengalami kejadian seperti ini. Jika kita sudah berhati-hati namun masih mengalami kejadian seperti ini berarti nasiblah yang membuatnya. Karena jika kerusakan disebabkan cacat produksi kita tidak bisa berbuat apa-apa selain melakukan klaim garansi.

Sekian dulu postingan saya yang membahas lcd android cina menjadi buram. Semoga bermanfaat dan bila ada pertanyaan seputar ponsel android silahkan anda tulis pada kolom komentar. Terimakasih atas kunjunganya sampai jumpa dengan postingan saya yang lain.

239 comments:

  1. Kalau tab 7" lcdnya harganya berapa ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Untuk Harga tergantung merk dan type tab. kalau tab cina biasaynya 300rb-450rb

      Delete
  2. om kalo baterai yg gak bisa di lepas bisa ga

    ReplyDelete
  3. om kalo baterai yg gak bisa di lepas bisa ga

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bisa kok. ada yang jual batre tanam cuma pemasanganya yang agak susah. harus bongkar dan nyolder kabel batrenya.

      Delete
  4. Tab saya kaya gtu tuh, advan t5c.
    Mending saya bawa ke tukang serpis apa bongkar sendri ya? Maslaahnya belum pernah bongkar".. Mohon petunjuk bang,

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau masih garansi mending bawa ke Servis center gan. kalau udah gak garansi bawa ke tempat servis biasa aja kalo ganti spartpart gak semahal di SC.

      Delete
    2. Waduh, udah di root sama udah di gedein memory tab nya...
      Kira" biaya buat ngebersihiin aja tanpa ganti spartpart brapa ya bang? He

      Delete
    3. kalau cuma servis rata-rata 50rb gan. dulu pas belum tau tentang hp benerin hp bootlooop di konter kena 50rb.

      Delete
    4. Oke sip bang, makasih infonya... Semoga cuma dibersihin aja udah tokcer lagi...

      Delete
  5. Klo garis2nya bergerak gmna tuh bang...tlong bntu sya

    ReplyDelete
    Replies
    1. coba di lepas dulu kabel flexibelnya kemudian dipasang lagi. ada beberapa kasus seperti itu cuma kendor atau kotor pada konektor flexibelnya. kalau dengan cara tersebut masih sama saja kemungkinan rusak LCDnya

      Delete
  6. Kalo hp kita terbanting kenak lcdnya itu masih bisa di perbaiki sendiri atau harus di bawa ke tempat servis?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalo lcdnya sudah pacah ya harus dganti. Kalau gambarnya buram coba di buka dulu hpnya. Mungkin konektor kabel flexinya kendor

      Delete
  7. cara melepas kabel Flexible LCD gimana ya??
    kok gk ngerti??

    ReplyDelete
    Replies
    1. kabel lcd nya yang nancep di mainboard kalo yang d lcd biasanya permanen

      Delete
    2. kalo ganti kabel langsung sama lcd kalo gabungan kaya gitu.

      Delete
    3. bsa di sertakan gmbar pa gk?

      Delete
  8. Om kalo kamera android samsung kalo garis garis kamera depan ama belakang gimana ngatsinya om

    ReplyDelete
    Replies
    1. maaf jarang online, garis-garis e gimana sis? garis-garis kotak 9 itu bukan?

      Delete
    2. Aye kasih screen shotnya bang

      Delete
    3. Abang invite aje bbm saya 7e636b97 ini

      Delete
    4. Tolong bls gan ini penting gan

      Delete
  9. Bisa di tampilkan gambar kabel fleksibel itu yang kayak gimana?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kabel flexinya yg nempel dg lcd. Untuk gambarnya sudah gk punya sudah di ambil hp nya

      Delete
  10. Letak posisi kabel flexinya dimana saya bingung...

    ReplyDelete
    Replies
    1. kabel flexinya yang nempel dengan lcd. terus ada konektor ke mainboardnya.

      Delete
    2. Bang hp sya samsung Note 5 tp tiba2 muncul garis merah arah atas bawah itu gmna cara ngilangin nya bang..tlong d bntu mksih...

      Delete
    3. halo gan hendri, kalau ada garis seperti itu biasanya dari lcdnya. Kalau masih garansi bawa ke servis center saja

      Delete
  11. Numpang tanya gan, android sy evercoss elevate y2 kemarin jatuh hadap ke layar nya, sekarang ada garis2 warna warni di sebelah kanan,layar tengah nya berubah2 warna ikutin aplikasi apa yg sdg dibuka,apa bisa dibetulkan dgn cara diatas? Terima kasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalo itu kemungkinan besar rusak di lcdnya. coba saja dibongkar dulu

      Delete
  12. Bang ane ada punya asus zenfon 4 bang layarnya jadi buran trs kedip2 gitu bang cara benerinya gimana ya mohon petunjuknya

    ReplyDelete
  13. Bang ane ada punya asus zenfon 4 bang layarnya jadi buran trs kedip2 gitu bang cara benerinya gimana ya mohon petunjuknya

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalo kerusakn layar android yang buram itu banyak gan. langkah awal bisa di cek pada konektor fleksibelnya. atau kemungkinan yang paling parah adalah rusak lcdnya

      Delete
  14. numpang nanya bang,ane punya xiaomi 2 minggu yg lalu tiba2 ada garis warna warni dibagian atas layar dan ada garis biru ngikutin aplikasi yg ane buka padahal hp tidak pernah jatuh,,dan tadi pagi waktu ane restrat malah tampilan layarnya berubah jadi putih dan penuh dengan garis warna warni sedangkan tampilan gag kelihatan,,apakah masih bisa diatasi dengan cara diatas

    ReplyDelete
    Replies
    1. masih garansi tidak gan? kalau masih garansi taruh ke SC saja. kemungkinan harus ganti LCD nya kalau kasusnya seperti itu

      Delete
  15. Gan sy punya masalah mirip sma pembahasan di atas.hp saya lenovo a6000.setelah main game lcdnya garis2 dan goyang.tp pas di restart hpnya layarnya kembali normal.itu kenapa ya gan.mohon bantuannya

    ReplyDelete
    Replies
    1. mungkin di soket konektoe kabel fleksibelnya. coba di lepas terus dipasng lagi karena kepanasan jadi kendor bisa jadi

      Delete
  16. Gan sy punya masalah mirip sma pembahasan di atas.hp saya lenovo a6000.setelah main game lcdnya garis2 dan goyang.tp pas di restart hpnya layarnya kembali normal.itu kenapa ya gan.mohon bantuannya

    ReplyDelete
  17. Gan sy punya masalah mirip sma pembahasan di atas.hp saya lenovo a6000.setelah main game lcdnya garis2 dan goyang.tp pas di restart hpnya layarnya kembali normal.itu kenapa ya gan.mohon bantuannya

    ReplyDelete
  18. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  19. Gan saya punya tab cina dulu layar nya kedip kedip trs klu gerak sih kadang normal... tapi lama lama mati dan sekarang sudah mati .. itu rusak apanya ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. mati total kondisinya sekarang? dicas bisa masuk apa gak? karena di biarkan lama batre tab biasanya gak mau ngisi. coba di cas dengan cas kodok. untuk layar yang kedip2 itu bisa dari kabel fleksi dan lcdnya.

      Delete
  20. Gan itu hp advan kan? advan s5j saya juga kayak gitu, gara2 saya letakkan di dekat cpu waktu saya sambungkan ke komputer buat mindah data,tiba2 layar langsung buram, itu mengatasinya gak perlu ganti lcd kan gan?

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalo buram seperti itu bisa di coba dengan cara diatas, yaitu dengan melepas kabel fleksinya kemudian dipasng kembali

      Delete
  21. bang lcd saya bergaris garis putih bang kadang kadang itu semua layarnya putih blas gk nampak sama sekali siap itu kadang kadang berkelap kelip putih jernih putih jerni itu gimana ya bang cara perbaikinya apa perlu ikutin cara yg diatas???

    ReplyDelete
    Replies
    1. kayak e rusak di lcd ne itu kang. coba di lakaukan car diatas dulu

      Delete
  22. Gan. Hp saya ini. Aneh gan. Goyang2 gak jelas. Setiba di layar lock gak goyang. Tapi kalau di layar normal (no lock) malah goyang .apa ada pengaru kepanasan atau kena virus(lenovo A7000 ). Ketika ceklis otomatis nya kta hilangkang perlahan hp pun adem. Trus.normal. tar ga lama kambuh lagi. Mohon pencerahan nya pak ketua.

    ReplyDelete
    Replies
    1. itu di layar sentuhnya yang agak error, baru dipasng anti gores atau gimana? coba dilepas dulu anti goresnya

      Delete
    2. Baru pake 3 bulan. Dr buka bungkus sya langsung psang anti gores scren protec bawaan lenovo gan., gejala baru ni gan. Kalau kontras kcerahan kita buat redup. Malah brrkurang goyanng nya tapi tetep goyang. Tapi kalau kontras nya kita naikan . parah seperti siaran tv yg gak pas frekuensi. Goyang2 gk jelas jadu sulit untuk di oprasikan. Mohon petunjuk gan. Thanks

      Delete
    3. Baru pake 3 bulan. Dr buka bungkus sya langsung psang anti gores scren protec bawaan lenovo gan., gejala baru ni gan. Kalau kontras kcerahan kita buat redup. Malah brrkurang goyanng nya tapi tetep goyang. Tapi kalau kontras nya kita naikan . parah seperti siaran tv yg gak pas frekuensi. Goyang2 gk jelas jadu sulit untuk di oprasikan. Mohon petunjuk gan. Thanks

      Delete
    4. lenovo a6000 saya juga kaya gitu gan

      Delete
    5. kalau goyang2 seperti tv rusak biasane dari lcd ne. yang saya bingun kalo di lock hilang goyangnya. kalau masih garansi bawa ke servis center aja biar aman.

      Delete
  23. Ceklis. Keceraham layar mksd saya . yg ceklis otomat nya kita hilangkan.

    ReplyDelete
    Replies
    1. ceklis otomatis cerah kadang membuat layr tiba-tiba redup sendiri meskipun kita berada di tempat yang agak terang. kalau goyang2 seperti itu kayak e gak ada maslah pada kecerahan otomatisnya.

      Delete
    2. Gan. Pnya line atau wa ? Biar lebih enak konsultasi nya gan
      Klau tidak mrepotkan.

      Delete
    3. Ada Di kontak di add Aja

      Delete
    4. Kasus saya sama persis dengn bang jalat juga hp lenovo a7000, gan skarang solusinya gimana?

      Delete
    5. Saya sudah ketemu akar permaslahan lenovo a7000 layarnya bergaris2 kelap kelip kaya frekuensi tv yg gk jelas,, permasalahnya ada disensor cahaya, apabila cahaya layar kontraks dinaiikan maka kelap kelip semakin parah, hal itu membuat saya melakukan uji coba di dalam ruangan yg sebagian dari ruangan terkena sinar matahari langsung, saat hp diletakkan di bawah sinar matahari langsung maka kelap kelip semakin parah, kalau hp diletakkan dilokasi yg tidak terkena sinar matahari langsung maka kelap kelip akan berkurang, artinya semakin besar cahaya yg mengarah ke sensor cahaya maka semakin parah kelap kelipnya, dan setelah saya jemur sekitar 3 mnit akhirnya sensor cahaya sudah peka terhadap cahaya dan hp kembali normal tp belum bisa pastikan permanent atau gk, kemungkinan cara agar penyakitnya hilang permanent yaitu membawa ke konter tukang service dan kemudian mematikan atau mencabit handware sensor cahayanya, menurutku seperti itu.

      Delete
    6. terimakasih mas agus infonya. mudah-mudahan bermanfaat bagi teman-teman yang lain

      Delete
  24. numpang bertanya gan, hp saya sony experia z2. lcd saya gambarnya kabur dan goyang-goyang, mas bisa service gak? Terima kasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalau goyang dan kabur seperti itu kemungkinan kendor di sambngan flexi, atau rusak pada lcd dan kabel fleksinya. cara pertama adalah dengan membongkar lalu melepas dan memasang kembali. kalau beruntung hp akan normal jmbali

      Delete
  25. gan numpang nanya ni gan hp saya advan t1r baru beli senin kemarin, tapi sekarang layarnya bergaris garis padahal masih baru nah itu masalahnya gimana ya gan keadaan hp udah di root, mohon pencerahannya gan ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalau masih baru mending digaransikan gan. untuk ngecek e hasus dibongkar dulu

      Delete
  26. Masalahnya, lcd hp garis2 putih dan goyang2 gitu bukan gan ?
    Soalnya saya juga lagi ky gitu kondisinya. Apa bnr hanya cuma di bersihkan saja ?

    Saya ga bisa bongkar2 hp, bukannya bnr malah jadi kacau nanti. Mau bawa ke T.service klo biayanya 50k cuma buat bersihin doang sayang ya....

    ReplyDelete
    Replies
    1. kemungkinan bisa karna kotor atau longgar kabel flexinya. bisa juga karena rusak salah satu dari kabel flexy dan lcdne

      Delete
  27. gan advan gua s50d jatoh trus layar nya burem kayak kotor kena debu cuma gambar nya masi keliatan tolong itu apa nya yg rusak gan

    ReplyDelete
  28. gan advan gua s50d jatoh trus layar nya burem kayak kotor kena debu cuma gambar nya masi keliatan tolong itu apa nya yg rusak gan

    ReplyDelete
  29. Gmna cara konektor lcdnya ? Takut gn nanti slh trus rusak

    ReplyDelete
  30. Gmna cara konektor lcdnya ? Takut gn nanti slh trus rusak

    ReplyDelete
    Replies
    1. kabel fleksi yang dari lc ke mb ne kang

      Delete
  31. gan klo blur stengah layar dan stengah nya normal itu gimana?

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalo kayak gitu kemungkinan besar lcd ne yang bermasalah kang.

      Delete
  32. yg d bersihkan yg di bagian ujung ya gan? atau yg nempel d mb??

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya bener gan dibagian ujung yang nempel pada mb.

      Delete
  33. masih bingung konektor perempuan yg mn?

    ReplyDelete
    Replies
    1. biasane konektornya ada 2 yang satu untuk lcd dan satu untuk layar sentuh. kalau lcd biasanya agak panjang konektornya

      Delete
  34. Misi gan mau nanya klo lcdnya whitescreen trus panas banget + bergetar itu kenapa ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalau cuma bergetar mungkin rusak pada mainboardnya. dulu prnah jatuh atau ketimpa barang ata gak gan?

      Delete
  35. Gan hp saya samsunh j1 ace terus tercebur air . Abis itu layarnya garis garis putih . Cara ngebetulinnya gimana ya gan

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalau udah kongslet di LCD harus ganti LCD ne gan

      Delete
  36. gan, kalau hampir seluruh layar hp ada warna hitamnya kayak bocor..... tuh gmana gan?? , pas ane coba bongkar ,trus ane pencet-pencet malah tambah menyebar wana hitamnnya..... :'( , Kasih solusi gan.....

    ReplyDelete
    Replies
    1. itu lcdnya sudah rusak gan. gak ada cara lain selain diganti

      Delete
  37. Gan hp saya smartfren andromax c3s. Bulan november kemaren baru ganti lcd gara2 kejebur air. Tadi malem pas lagi chat sambil di charge tiba2 layar hp buram dan bergaris , garis nya berubah2 mengikuti warna layar gan tiap dilayar berubah gambar warna garisnya ikutin warna gambarnya. Kira2 penyebabnya apa ya gan? Kalo mau ikutin cara agan diatas saya takut tambah rusak gan gapernah bongkar2 soalnya. Kalo di tukang service kira2 abis berapa ya gan ? Atau harus ganti lcd lagi ? Ganti lcd kan lumayan ya gan. Mohon bantuannya gan. Terimakasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. dikasih garansi berapa bulan garansinya kemarin, kalao masih garansi taruh disana saja. untuk biaya servis ini tergantung dari kerusakan atau komponen yang diganti. kalau cuma servis biasanya 50rb

      Delete
  38. Klo hp smartfren i3s gimna cara benerinnya layarny bergaris gimna gan tolong bantuannya !!!!

    ReplyDelete
  39. Klo hp smartfren i3s gimna cara benerinnya layarny bergaris gimna gan tolong bantuannya !!!!

    ReplyDelete
    Replies
    1. coba lakukan langkah di atas dulu gan jika masih sama saja berati harus ganti komponen, mungkin kabel flexi atau lcdnya.

      Delete
  40. Gan hp ane lcd nya kena magnet trus muncul warna ungu dan g bisa di geser lg..itu cara ngatasinya gmn ya gan?hp ane iphone 4 gan

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalo lcd kena magnet biasane gak apa2. kalo warna ungu atau kuning itu lcdnya ketekan atau emang sudah rusak.

      Delete
  41. Gan hp ane lcd nya kena magnet trus muncul warna ungu dan g bisa di geser lg..itu cara ngatasinya gmn ya gan?hp ane iphone 4 gan

    ReplyDelete
  42. Gan,, hp ana lenovo A-7000 plus, pernah ketindihan pas lg tdr,, trs setiap tepi baik kiri kanan atau atas bawah kyk ngeblur gtu,, gmn gan?? Mohon jawab

    ReplyDelete
  43. Gan,, hp ana lenovo A-7000 plus, pernah ketindihan pas lg tdr,, trs setiap tepi baik kiri kanan atau atas bawah kyk ngeblur gtu,, gmn gan?? Mohon jawab

    ReplyDelete
    Replies
    1. itu sudah kena di lcdnya kayaknya gan, mending bawa ke servis center saja gan.

      Delete
  44. gan gua punya note 3 copian kejadiannya mirip pict agan di atas gmna cara ngatasinnya ya

    ReplyDelete
    Replies
    1. coba di lakukan cara seperti diatas, kalo di bersihkan kabel fleksinya masih sama saja berati harus ganti lcd.

      Delete
  45. Kalo servis di servise centernya biasanya lama gk gan?

    ReplyDelete
    Replies
    1. lamasekali, estimasi 2-4 Minggu

      Delete
  46. Gan, hp saya benq b502 layar itu banyak garis garis vertikal nya gan,,

    ReplyDelete
    Replies
    1. garis2 vertikal itu terjadi karna lcd rusak atau mungkin karna kabel flexy yang kendor. caba lakukan langkah2 diatas mudah2 bisa

      Delete
    2. Diko Riansyah : gemana hasilnya? Benq 502 ku nasibnya sama, garis2.

      Delete
    3. Diko Riansyah : gemana hasilnya? Benq 502 ku nasibnya sama, garis2.

      Delete
    4. Sama nih ga tau ke injek apa kenapa. Di charge di kamar taro dibawah. Pas diambil bergaris2 gitu lcd nya. Dah dibongkar setengah mesin ga nemuin flexibel lcd nemunua flexibel ts nya. Ada yg tau lokasi flexibel benq b502?

      Delete
    5. Sama nih ga tau ke injek apa kenapa. Di charge di kamar taro dibawah. Pas diambil bergaris2 gitu lcd nya. Dah dibongkar setengah mesin ga nemuin flexibel lcd nemunua flexibel ts nya. Ada yg tau lokasi flexibel benq b502?

      Delete
    6. kalo di benq, saya belom pernah bongkar. mungkin jadi sati antara ts dan lcd

      Delete
  47. Gan hapeku redmi 2 lcdnya setengah kadang muncul garis2 horisontalnya goyang2 kadang juga ilang .. Itu kenapa ya apa harus ganti lcd ?

    ReplyDelete
  48. kalau garis2 seperti itu, biasanya dari lcdnya. masih garansi atau gak gan?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Jadi harus ganti lcd ? Habis berapa kira2 ?? Masih tapi service center di daerahku gaada..padahal hapenya gk pernah jatuh/ketindihan beban berat 😂😔😔

      Delete
    2. iya gan. kemarin teman gw pas ganti lcd habis 350rb

      Delete
  49. Om mau tanya hp sy jatuh, gambar dilayar warna jd gak kontras, timbul dominan harna kuning dan hijau, dan bwrgaris panjang, apakah lcd rusak apa kendor saja yah..mohon penceerahannya

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalau sudah bergaris seperti itu kemungkinan sudah rusak lcdnya gan.

      Delete
  50. Pleace jawab master..
    Saya pake sony experia z ultra,, kenapa lcd jadi burem, kayak gambarnya tu masih keliatan gabung kalo di geser ke menu lain, itu posisi kalo hape lama gak di pakai/posisi mesin dingin, kalo udah di pakai kurang lebih 20 detik balik normal lagi, peyakit seakan hilang.. Mohon di jawab gan.. Terima kasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. cuma pas diawal dinyalakan saja berati? intinya kalo gambar burem itu berasal dari lcdnya, mungkin karna kabel fleksinya kendor ata mungkin kabel flexi atau lcdnya rusak. kalau seperti peunya agan kemungkinan lcdnya.

      Delete
    2. Sama kaya zul ane gan.. Klo dingin pas ti gabung gambar nya

      Delete
  51. Mohon pencerahan.nya ya gan..

    ReplyDelete
  52. Penyakit hampir sama kayak di postingan di atas,, cuma gak full kaya di gambar di atas, jadi setengah layar

    ReplyDelete
  53. Mau numpang tanya HP saya lenovo A7000. Pernah disimpen depan layar laptop tapi ngga lebih dari 15menit. Semenjak itu layar HP kayak TV rusak goyang2 gitu kadang mati terus nyala lagi. Tapi pas dicharge HP normal lg . bagaimana solusinya? Terimakasih sebelumnya

    ReplyDelete
    Replies
    1. itu hape masih baru kan gan, mending dibawa ke servis senter saja, kalau mau coba memebrsihkan kabel fleksi ternyata yang rusak lcdnya kan malah gak bisa klaim garansi nanti.

      Delete
  54. Ka, hp saya hp cina. Sekarang hp saya suka kayak tv rusak gt, atau garis garis dan kadang berubah warna, terus kalo udah kaya gt saya gabisa mainin. Saya matiin terus dihidupin kadang kaya layar biasa lg, normal lg. Tp kadang kalo hp saya panas, kumat lg kaya gt ka.
    Itu awalnya pas saya buka web, udah ada notif kalo webny kena virus. Dan setelah itu tbtb mati tp hidup lg, mulai dari situ kalo kepanasan hpnya langsung kayak tv rusak atau garis garis gt.
    Data saya juga sempet ilang semua grgr saya clean up pake antivirus di hp saya. Itu virus atau cuma kabel lcd yg kaka jelasin diatas? Itu apanya ya ka? mohon jawabannya ya ka

    ReplyDelete
  55. Ka, hp saya hp cina. Sekarang hp saya suka kayak tv rusak gt, atau garis garis dan kadang berubah warna, terus kalo udah kaya gt saya gabisa mainin. Saya matiin terus dihidupin kadang kaya layar biasa lg, normal lg. Tp kadang kalo hp saya panas, kumat lg kaya gt ka.
    Itu awalnya pas saya buka web, udah ada notif kalo webny kena virus. Dan setelah itu tbtb mati tp hidup lg, mulai dari situ kalo kepanasan hpnya langsung kayak tv rusak atau garis garis gt.
    Data saya juga sempet ilang semua grgr saya clean up pake antivirus di hp saya. Itu virus atau cuma kabel lcd yg kaka jelasin diatas? Itu apanya ya ka? mohon jawabannya ya ka

    ReplyDelete
    Replies
    1. coba direset ke setingan pabrik dulu, dengan menghapus semua data dan apikasi yang ada di hp. kalau setelah direset masih sama saja mungkin dari hardwarenya yang bermasalah entah LCD atau kabel fleksinya

      Delete
    2. Udah saya coba ke settingan abrik, tp gaada perubahan. Tetep aja kalo hpnya panas gt lagi. Tp anehnya kalo emg kena lcd, otomatis hpnya ga bisa dimainin kan? Ini saya bales ini dan komen ini mash pake hp saya yg ini. Jadi sebenernya apanya ini? :D maaf ngerepotin ka :)

      Delete
    3. kalau dari lcd rusak masih bisa dimatikan dengan menkan tombol poer yang agak lama. coba ikuti cara diatas dengan membonkar tab lalu membersihkan dibagian conector kabel fleksinya. mungkin dari situ permasalahanya

      Delete
  56. Gan cara perbaiki vivo y15 yg matot carnya tuh bgaimana ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. sebelum matot hpnya kena apa? mungkin karna rusak di batre, colokan cas atau mungkin yang paling parah rusak di mainboarnya

      Delete
  57. Pagi gan....
    Hp saya lenovo a 6000 plus....
    Layarhp saya normal ga da garis atau apa...tapi ada layar yg ga bisa berfungsi....seperti kita mau nulis nomor tlpn di angka 456 ga bisa..dan sejajaar itu aja yg ga bisa..
    Kira kira knpa yah gan?

    ReplyDelete
    Replies
    1. layar sentuhnya gan itu yang bermasalah, kelihatanya harus ganti. Layar sentuh atau Touchscreenya sudah tidak berfungsi dengan baik. kalau masih garansi bawa ke servis center aja gan..

      Delete
  58. Pagi gan....
    Hp saya lenovo a 6000 plus....
    Layarhp saya normal ga da garis atau apa...tapi ada layar yg ga bisa berfungsi....seperti kita mau nulis nomor tlpn di angka 456 ga bisa..dan sejajaar itu aja yg ga bisa..
    Kira kira knpa yah gan?

    ReplyDelete
  59. Pagi gan....
    Hp saya lenovo a 6000 plus....
    Layarhp saya normal ga da garis atau apa...tapi ada layar yg ga bisa berfungsi....seperti kita mau nulis nomor tlpn di angka 456 ga bisa..dan sejajaar itu aja yg ga bisa..
    Kira kira knpa yah gan?

    ReplyDelete
  60. Hp sy advan t1j.awal ada 2 garis..udh lama itu.mendadak td buram trs lgsg putih total.bisa pakai cara itu g gan.apa hrs ganti lcd

    ReplyDelete
    Replies
    1. kemungkinan besar ganti lcd gan kalau seperti itu

      Delete
  61. Terimakasih infonya, sangat bermanfaat

    Mau cari alat antrian dan alat survey pelanggan yang lengkap ? ayo kunjungi -> http://raja-alatantrian.blogspot.co.id/
    atau juga bisa hub kami 082150065758 , pin 2a9be37c

    ReplyDelete
  62. HP saya evercoss a7e biasany mati sendiri kalo lagi digunakan sebelum mati LCD blur atau blank + getar juga tapi bisa juga mati langsung Tanpa tanda" tsb Itu kenapa y ap firmwareny atau ada hardware bermasalah? mksh

    ReplyDelete
    Replies
    1. setelah mati itu dihidupin lagi bisa atau enggak? biasane kalau mati sendiri seperti itu rusak dari hardwarenya. jika dari softwaenya biasanya tidak bisa booting alias bootlup. tapi tidak ada salahnya dicoba reset dulu firmwarenya

      Delete
  63. kabel fleksibel dimana letak nya ya

    ReplyDelete
  64. kabel fleksibel dimana letak nya ya

    ReplyDelete
    Replies
    1. kabel yang menghubungkan lcd dengan mainboard, biasanya letaknya ada dibagian atas lcd

      Delete
  65. Gan mau tanya nih,LCD sama Toscreen Samsung J1 biasa BISA ga di pasang di Samsung J1 ACE ???

    ReplyDelete
    Replies
    1. wah, belum bongkar yang seri itu aku. nek dari bentuk kemungkinan sama

      Delete
  66. gan numpang nanya?? kalau hp saya gak pernah dipake terus lcdnya bergaris banyak dan warnanya gk sesuai,,,bisa gk kalo pake cara di atas

    ReplyDelete
    Replies
    1. dicoba dulu gan, kalau dilakukan dengan langkah diatas msih sama saja berati rusak lcdnya

      Delete
  67. xperia L ku ada pelanginya trus yg home, back sama minimizenya gak keliatan. udah gitu sisi sebelah kanannya juga agak maju dan berpelangi :( itu bisa dibuka sendiri juga gak ya? makasih :')

    ReplyDelete
    Replies
    1. waduh, kalau sony kayaknya susah jeng. aku dulu coba bongkar yang miro susahnya minta ampun. cuma masalah sama tampilan aja atau ada beberapa tempat yang disentuh gak mau respon?

      Delete
  68. gan hp ane advan e1c+ , pas ane maen coc,, eh layar kedip terus ada garis garis biru di bawah,, trus layar jadi burem,, kabur gitu gambarnya,, kya ss agan yang di atas itu .. ane udah cabut bersihin flexi nya tapi ttp aja :(

    ReplyDelete
    Replies
    1. wah, berati ada masalah di lcdnya itu mas gun. harus ganti hehehe

      Delete
  69. Gan mau nanya hp ane xiaomi redmi 1s klau main game dia agak lag setelah terbanting knapa begitu ya

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalau boleh tau, buat main game apa ya? kalau ngelag bisa dari softwarenya. coba di hapus beberapa aplikasi yang gak terpakai. atau bisa dilakukan wipe data untuk mengembalikan setingan hp seperti saat pertma kali beli

      Delete
    2. Saya main game fifa 15 cuman pas blom terbanting masih lancar soalnya touch scren nya agak lag sekarang dan sinyal ponsel hilang hilang

      Delete
    3. ow gitu kronologinya. Kayaknya ada masalah di hardwarenya itu. ada bekasnya po gak? kalau gak ada diklaim garansi saja dul.

      Delete
  70. cuman klau lcd masih bagus cuman anti gores kaca yg pecah

    ReplyDelete
  71. om lcd ga gerak kira2 masalahnya apa yaa gan,??? lcd baru ganti padahal gan... hp ane himax polymer octacore,,

    ReplyDelete
    Replies
    1. gak gerak e gimana gan? di sentuh gak mau merespon atau gimana?

      Delete
  72. Gan mohon pencerahan nya..saya lenovo a 7000.. Gini gan pertamanya hp keadaan terkunci. Pas stelah saya buka di bawah trik matahari ko layar hp saya bagian pojok nya kdip2 ya cuma 10 dtik lh kira2.. Padahl ini hp baru gan.. Nah pas saya kontras nya gak di otomatisin hp udah lama normal lagi... Itu kerusakn atw apa ya??

    ReplyDelete
    Replies
    1. ow, sekarang setelah di buat tidak otomatis sudah tidak kedip2 lagi kan? di hp seri lain pun juga seperti itu gan mungkin karna sensor cahayanya kurang peka.

      Delete
  73. Knp Lenovo a7000 semua bermasalah PD layar lcd nya ya? Saya juga merasakannya.. Hampir 5bln semuanya aman, mau kontras maksimal atau apalah gitu, tetap oke.. Tapi gegara jatuh, awalnya pun oke, lepas sehari baru nampak goyang, kadang normal klo balik semula.. Misal suhu sudah mulai naik, kadang kumat lg sakitnya..
    Pingin balik kondisi semula tp bingung, antara diservice atau buka sendiri.. Buka sendiri takut dipasang mlh jd bentuk Optimus Prime.. :v

    ReplyDelete
  74. Gan,minta bantuannya knp lcd saya keluar garis2 ngikutin aplikasi yg dibuka, tp setelah di sreenshot dan dikirim ke hp temen garis2nya gak muncul di hp temen,, itu kira2 knp ya? Apa harus ganti lcd? Hp saya xiaomi note 4g.. Tks

    ReplyDelete
  75. Gan,minta bantuannya knp lcd saya keluar garis2 ngikutin aplikasi yg dibuka, tp setelah di sreenshot dan dikirim ke hp temen garis2nya gak muncul di hp temen,, itu kira2 knp ya? Apa harus ganti lcd? Hp saya xiaomi note 4g.. Tks

    ReplyDelete
  76. Gan ane samsung j1 layar kedap kedip kadang terang klo posisi lcd dhadepin kebawah tapi pas di angkat mnghadap keatas malah redup knp ya

    ReplyDelete
  77. Om mau tanya, kalo layar hp advan i5 knp kedip2 gitu ya? Redup terang redup teranh sendiri

    ReplyDelete
  78. Om tanya, layar advan i5 suka kedip2, redup terang redup terang gitu

    ReplyDelete
  79. Om tanya, layar advan i5 suka kedip2, redup terang redup terang gitu

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalau redup terang itu biasanya dari lcdnya. Coba pada pengaturan kecerahan otomatisnya dimatikan gan.

      Delete
  80. Gan mau tanya kalau ganti lcd iphone 4s brapa yaa

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalau untuk Iphone belum pernah bongkar saya gan. kalau saya cek di bukalapak harganya 150-250rb an.

      Delete
  81. Kalau socket flexible di mainboard rusak apa harus diganti, gan?

    ReplyDelete
    Replies
    1. waduh kok bisa rusak gan, coba di kasih lakban aja posisikan flesibeldengan benar lalu di plaster lakban

      Delete
  82. Mas budi . LCD saya ko setengah nya bergaris ya kadang" jd warna warni . Tp kadang" normal lagi . Trus kalo aku geser" layar nya, 1/2 lcd saya yg eror malah ga sinkron gerak nya sama bagian yg 1/2 nya yg ga rusak. Itu kira" knp yah?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mungkin karna kabel flexibelnya kendor, coba di bongkar kemudain lepas kabel flexibelnya terus dipasang lagi.

      Delete
  83. mas saya punya tab advand t1 j layarnya blank putih aja.kalo di cas msh bisa.kira2 apanya ya mksh.

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalau blank itu ada 2 kemungkinan, bisa karna sofware atau karna lcdnya rusak. jika sofwarenya coba di flash ulang dulu romnya.

      Delete
  84. mas hp saya lenovo A526 ada garis horizontal disebelah kanan layar agak samar itu kenapa ya ?
    terima kasih sebelumnya ..

    ReplyDelete
    Replies
    1. terimakasih atas kunjunganya, biasanya kalau layar lcd bergaris seperti itu kerusakan dari lcdnya. Tidak ada cara lain untuk memperbaiki selain dengan mengganti lcd

      Delete
  85. Mohon bantuannya gan kalo blur buat sony c5 gimana ya cz ane liat nih hp rapet g ad bautnya

    ReplyDelete
  86. Mohon bantuannya gan kalo blur buat sony c5 gimana ya cz ane liat nih hp rapet g ad bautnya

    ReplyDelete
  87. massss hp saya.oppo neo 5. trus saya main game pianotails... tiba" panass dan layar saya jafi begaris" gtu.tapi kadang garis nya ilang...kadang jelas banget dan lcd saya tampilannya jadi gk secerah biasanya.. itu lcd rusak.atau gmana yaaa.. bantu jawap.dong alnaa perbaikinnya mahallllll banget

    ReplyDelete
  88. Mas, hp aku iphone 6. Layar nya jd wrna hijau atau kuning gtu knapa ya? Lcd nya bsa d ganti gak?

    ReplyDelete
  89. Bang. Kalo layarnya bergaris vertikal dan rada kedip2 di asus zenfone 2 biasanya masih garansi ga ya?

    ReplyDelete
  90. Kang lcd saya suka goyang, tpi kadang2
    Knapa ?
    Itu juga klo lama dipke

    ReplyDelete
  91. mas cara benerin lcd tiba"buram warna hijau tapi kalo lama di nyalakan perlahan hilang tapi masih tersisa dikit itu pun kalo dinyalain berjam jam
    tapi setelah di restart lcd kembali lagy warna hijau transparan

    ReplyDelete
  92. Gan... Mau nanya layar hp sy tiba2 muncul garis2 tp cuma separuh bagian bawah aja, muncul setelah sy bersihin/elap layar hapenya, mungkin terlalu kuat. Td udah coba ikutin petunjuk d atas, tp gak tau flexybel tuh yg mana -________-

    ReplyDelete
  93. Mau nanya dong, knpa yah hp smartfrent 4G R lcd.nya garis" padahal udh diganti trus beberapa menit garis" lgi? Apanya yg rusak? Tolong dijawab dong?

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalau lcd bergaris sseperti itu kemungkinan besar rusak lcdnya. Kalau masih garansi taruh ke servis center aja yuk..

      Delete
  94. Malam.... saya ada hp note 5 yg tiba tiba ada warna titik ungu.... smakin lama melebar... apa yg harus saya lakukan dan itu di beberkan oleh apa ya....

    Mohon bantuan

    ReplyDelete
  95. Malam.... saya ada hp note 5 yg tiba tiba ada warna titik ungu.... smakin lama melebar... apa yg harus saya lakukan dan itu di beberkan oleh apa ya....

    Mohon bantuan

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalau dari awal muncul itu adalah sebuah titik, itu berati kerusakan dari LCDnya. Biasanya kalau kita beli HP, Laptop atau yang lain kita harus untuk mengecek fisik dari dead piksel karena itu merupakan cacat produksi dan jika dibiarkan biasanya akan semakin besar.
      Solusinya harus ganti LCD

      Delete
  96. Gan mau tanya,kalau lampu layar di habisin/gelapin layar kedap-kedip tapi kalo lampu layar di terangin layar normal itu kenapa ya gan???

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sofwernya ato bukan ya gan??

      Delete
    2. biasanya dari hardware.kalau tanpa anti gores apakah masih sering kedip2? biasanya dari sensor cahayanya. coba kalau auto brighnestnya dimatikan

      Delete
  97. Punya ane hp advan s5e lcd kdang boeng putih tpi msih bisa d tlp/ sms,kadang2 juga gambarnya keluar normal.
    Sudah tak coba pke lcd baru tetep blenk putih,dudah daya bersihin juga songket lcdnya tapi tetep masih begitu.
    Apanya ya?.

    ReplyDelete
  98. Gan saya punya samsung note 3 neo.. klo dimatiin layarna suka mncul garis putih terus klo dimatiin lg garisnya hilang itu kenapa yaa gan?? Apa penyebabnya gt?

    ReplyDelete
  99. Gan saya punya samsung note 3 neo.. klo dimatiin layarna suka mncul garis putih terus klo dimatiin lg garisnya hilang itu kenapa yaa gan?? Apa penyebabnya gt?

    ReplyDelete
    Replies
    1. mungkin dari kabel fleksibelnya gan, coba di bongkar dan dilepas kabel fleksinya kemudian dipasang lagi. kalau masih sama saja berati kerusakan pada lcdnya

      Delete
  100. gan mhon pencerahannya neh. tablet evercoss at1d ganti lcd+tcsreen. tapi penampakan gambarnya gak full layar trus sering bergerak2 gambarnya tambah ada garis2nya. lw pake lcd yang pecah gambar normal alias.

    ReplyDelete