30 November 2014

Cara Memeperbaiki Hardisk Seagate Sata Baracuda Mati Total tidak Terdeteksi

Kasus, hard disk tidak mau menyala sama sekali Diagnosa singkat, secara fisik, langsung bisa diterka bahwa masalah ada di board hard disk, karena pada panel PCB (kebetulan komponen elektronikanya menghadap keluar hard disk) terlihat jelas kapasitor SMD yang hangus bahkan hingga fisiknya pecah. Biar lebih yakin, diukur menggunanakan multitester, ternyata benar short, sehingga arus power +5V dari PSU "terkunci" di komponen yang short tersebut.
Solusi, lepas board dari hard disk, kemudian, tanpa otak-atik komponen yang lain, langsung saja yang short tadi dilepas dari PCB menggunakan solder uap, dan berhubung komponen pengganti lagi kosong, jadi langsung pasang saja board hard disk dengan tanpa mengganti yang short tadi (namun tetap disarankan untuk diganti agar lebih stabil), dan hard disk pun menyala, yang artinya +12V, dan +5V masuk, data didalam hard disk juga masih seperti sedia kala.
Kesimpulan, ya, sudah banyak kasus hard disk mati total yang masalahnya seperti ini, yang mana penyebab umumnya adalah ketidakstabilan arus yang diterima oleh hard disk. Adapun komponen yang short, tidak semua bisa diketahui dengan ciri fisik seperti diatas, bisa saja secara fisik terlihat normal, namun pada kenyataannya ia bermasalah, begitu juga sebaliknya, dan disinilah mungkin alat ukur komponen elektronika mengambil peranan penting. Juga, tidak semua hard disk bisa menyala kembali dengan hanya melepas yang short, karena ada juga yang mau tidak mau harus diganti, seperti dari Western Digital, dan lain sebgainya.

0 komentar:

Post a Comment